Wednesday 16 September 2015

APA ITU ASME ?

Tentang ASME ( American Society of Mechanical Engineering  )


Who is ASME?


Didirikan pada tahun 1880 dengan nama American Society of Mechanical Engineers, atau dengan kata lain yaitu perkumpulan para engineer teknik mesin di Amerika.

Hari ini ASME International adalah organisasi pendidikan dan teknis non-profit dengan lebih dari 120.000 anggota di seluruh dunia.

Tujuan dari ASME adalah untuk mempromosikan seni, ilmu pengetahuan dan gabungan ilmu pengetahuan dan praktek teknik mesin dan multi-disiplin. ASME telah mengembangkan beberapa kode dan standar untuk meningkatkan keselamatan publik dan produktivitas Engineers.


ASME Codes and Standards


ASME codes and standards dikembangkan untuk meningkatkan keselamatan publik dan produktivitas para insinyur.

Standar ASME adalah semacam panduan teknis untuk desainer, produsen dan pengguna mengenai penggunaan produk. Beberapa standar tersebut ditulis dalam beberapa paragraf, sementara yang lain mungkin mengalami beberapa halaman.

Kode ASME mengatur pedoman untuk insinyur mekanik untuk mengikuti sistem umum manufaktur tidak hanya di AS tapi juga di negara-negara yang telah mengadopsi standar ASME.
Namun, produsen, inspektur dan installer tidak dapat dipaksa untuk menggunakan kode ASME dan standar, karena mereka hanya pedoman. Mereka akan menjadi wajib hanya jika mereka telah dimasukkan dalam kontrak.

Standar ASME efektif karena mereka telah diterima secara universal. Penggunaannya membuat komunikasi antara produsen dan pengguna lebih cepat dan lebih efektif.
Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkan produk yang sama di mana pun mereka membeli dari jika mereka adalah produk standar. Misalnya, jika Anda telah membeli sebuah flange Weld Neck di Jakarta, jika barang standar, tidak peduli di mana Anda membeli BLIND Flange, itu akan cocok pada flange yang dibeli di Jakarta.

Semoga Bermanfaat..!

Sumber : Wermac.org



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan, Diskusi atau sekedar silaturahmi ke saya, Terimakasih.